Saturday, July 31, 2010

Pengembangan Paragraf [Alinea]

Paragraf yang baik, selain harus memenuhi syarat, paragraf harus ditulis secara logis dan memenuhi standar nalar. Hal ini dimaksudkan agar paragraf

1. Secara Alamiah

Pengembangan paragraf secara alamiah ini didasarkan pada urutan ruang dan waktu (kronologis. Urutan ruang merupakan urutan yang akan membawa pembaca dari satu titik ke titik berikutnya dalam suatu ruang. Adapun Urutan waktu adalah urutan yang menggambarkan urutan terjadinya peristiwa, perbuatan, atau tindakan.

2. Klimat-Antiklimaks

Paragraf ini lazim digunakan untuk menyajikan sebuah cerita atau konflik. Penulisan diawali dengan pengenalan tokoh, dilanjutkan dengan konflik, mencapai puncak konflik, dan menurun menuju solusi (antiklimaks). Jenis paragraf ini dapat digunakan untuk menulis sejarah, cerita fiksi (roman, novel, cerpen), kisah permusuhan, atau peperangan.

3. Deduksi dan induksi

Deduklsi adalah proses penalaran dengan menyebutkan gagasan utama yang bersifat umum dan dilanjutkan dengan gagasan-gagasan yang bersifat khusus.


Jenis Paragraf Berdasarkan Fungsi

1. Perbandingan dan Pertentangan

Paragraf perbandingan dan pertentangan adalah paragraf yang berusaha memperjelas paparannya dengan jalan membandingkan dan mempertentangkan hal-hal yang dibicarakan. Dalam perbandingan tersebut dikemukakan persamaan dan perbedaan antara dua halitu. Yang dapat diperbandingkan adalah dua hal yang tingkatannya sama dan kedua hal itu memiliki perbedaan dan persamaan. Pertentangan merupakan proses argumentasi dengan melakukan penilakan. Oleh karena itu, pertentangan ditargetkan menolak eksistensinya dan disertai pembuktian.

2. Analogi

Paragraf yang merupakan analogi biasanya digunakan oleh penulis untuk membandingkan sesuatu yang dikenal oleh umum dengan yang kurang di kenal itu.

3. Contoh-contoh

Paragraf berisi contoh-contoh digunakan untuk memberi bukti atau penjelasan terhadap generalisasi yang sifatnya umum, agar pembaca dapat dengan mudah menerimanya.

4. Sebab-Akibat

Dalam paragraph sebab akibat, sebab dapat berfungsi sebagai pikiran utama dan akibat sebagai pikiran penjelas. Atrau sebaliknya, yaitu akibat sebagai pikiran utama dan sebab sebagai rincian penjelasnya.

5. Definisi Luas

Definisi adalah uraian pengertian. Definisi dapat berupa sinonim kata, definisi formal berupa kalimat, dan definisi luas yaitu uraian pengertian yang sekurang-kurangnya terdiri satu paragraph. Artinya ada definisi yang lebih luas yang terdiri beberapa paragraph, bahkan lebih panjang lagi, misalnya satu bab.

6. Klasifikasi

Klasifikasi adalah pengelompokan sesuatu berdasarkan kesamaan dan perbedaan sifat, ciri-ciri, dan karakter. Beberapa objek dengan sifat, ciri, dan karakter sama maka objek-objek tersebut menjadi satu kelompok, jika berbeda sifat, ciri, dan karakter harus berbeda di kelompok lain.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Pengembangan Paragraf [Alinea]”

Post a Comment

 
Speak In Bahasa is proudly powered by Blogger.com | Template by OzoneTemplate